PENDIDIKAN MATEMATIKA

FKIP UNIVERSITAS LANGLANGBUANA

KURIKULUM

Rumpun keilmuan dan keahlian atau body of knowledge yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Matematika S1 FKIP Universitas Langlangbuana mencakup bidang pendidikan dan pembelajaran, media pembelajaran berbasis IT, dan bidang lain yang sesuai dengan pembelajaran pendidikan matematika. Bidang keilmuan yang diselenggarakan, selain menunjang untuk menjadi guru matematika dengan kemampuan pengelolaan pembelajaran berbasis IT juga menunjang untuk melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi atau mengikuti Pendidikan Profesi Guru.

Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2020 dengan menerapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SEBARAN MATA KULIAH
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjungjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukkan sikap tutwurihandayani.
  12. Memiliki kemampuan merefleksi dan mengevaluasi diri.
  13. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  14. Mempunyai ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
  1. Menguasai konsep tentang matematika sekolah.
  2. Menguasai konsep tentang matematika lanjut.
  3. Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, aljabar, analisis, dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
  4. Memiliki Pengetahuan dalammengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
  5. Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier, persamaan diferensial, dan metode numeric.
  6. Menguasai konsep teoritis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang stusi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.
  7. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran,khususnya yang berorientasi pada life skill.
  8. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
  9. Menguasai dan mengembangkan kurikulum sekolah
  10. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
  11. Menguasai konsep matematika dasar seperti menghitung, menaksir, mengolah data, dan kemampuan teknis baku lainnya, baik manual maupun berbantuan teknologi (sepertiupervis dan piranti lunak).
  12. Menguasai input dan output analisis, pengolahan dan penyajian data statistika
  13. Menguasai konsep dasar kewirausahaan terutama bidang industri pendidikan
  14. Menguasai tentang hukum  kepolisian dan kriminalistik
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukanupervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dengan mengaplikasiaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  11. Mampu melakukan proses analisis, pengolahan dan penyajian data statistika dengan menggunakan penerapan literasi IT dan dan Matematika
  12. Mampu merencanakan, menyusun dan mengenal prospek wirausaha dalam bidang industri pendidikan.
  1. Mampu bernalar, membuat kaitan, memecahkan masalah (yakni mengamati, mengenali, merumuskan dan melakukan pendekatan pemecahan masalah, serta menginterpretasikan solusi yang diperolehnya) dan berkomunikasi.
  2. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
  3. Mampu mengembangkan strategi, teknik, metode, pendekatan, dan model pembelajaran matematika dan pengelolaan kelas.
  4. Mampu mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
  5. Mampu menelaah kurikulum pendidikan matematika tingkat dasar dan menengah, serta dalam penilaian/evaluasi hasil belajar matematika.
  6. Mampu dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran matematika di sekolah menengah.
  7. Mampu dalam mengelola kegiatan ektrakulikuler di sekolah.
  8. Mampu dalam mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
  9. Mampu dalam manajerial di bidang pendidikan di sekolah menengah.
  10. Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganisis model matematika dari suatu system/masalah, mengkaji keakuratan model dan kemanfaatan model dan menarik simpulan yang kontekstual.
  11. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternative model matematika yang telah tersedia.
  12. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  13. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran sekolah dan pada lingkup pembelajaan pada bimbingan belajar.
  14. Mampu mengoperasikan software statistika dengan baik
  15. Mampu Melakukan perencanaan dan penyusunan strategi dalam berwirausaha pada industri pendidikan.

 

NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 15400111012 Agama 2
2 15400111052 Pancasila 2
3 15400111062 Kewarganegaraan 2
4 15400312032 Hukum Kepolisian dan Kriminalistik 2
5 402131103 Landasan Pendidikan dan Pembelajaran 3
6 402121052 Teori Bilangan 2
7 402121062 Trigonometri 2
8 402121072 Matematika Dasar 2
9 402121082 Geometri Dasar 2
       
JUMLAH SKS 19
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 15400111032 Bahasa Indonesia 2
2 15400112042 Bahasa Inggris 2
3 402231073 Perkembangan Peserta Didik 3
4 402221033 Aljabar Matriks 3
5 402221063 Kapita Selekta Matematika SMP 3
6 402221083 Komputer Dasar 3
7 402221043 Statistika Dasar 3
       
       
       
JUMLAH SKS 19
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 402321023 Kalkulus Diferensial 3
2 402321033 Aljabar Linier 3
3 402321042 Geometri Transformasi 3
4 402321053 Kapita Selekta Matematika SMA 3
5 402321072 Matematika Ekonomi 2
6 402321083 Geometri Analitik Bidang & Ruang 3
       
       
       
       
JUMLAH SKS 17
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 402251022 Kewirausahaan 2
2 402441083 Profesi Guru 3
3 402421023 Kalkulus Integral 3
4 402422033 Program Linier 3
5 402421043 Matematika Diskrit 3
6 402441063 Strategi Pembelajaran Matematika 3
7 402441073 Telaah Kurikulum dan PBA 3
       
       
       
JUMLAH SKS 20
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 402641013 Perencanaan Pembelajaran Matematika 3
2 402522013 Kalkulus Multivariabel 3
3 402521033 Struktur Aljabar 3
4 402522053 Statistika Matematika 3
5 402522063 Analisis Vektor 3
6 402541073 Evaluasi Pembelajaran Matematika 3
       
       
       
       
JUMLAH SKS 18
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 15400612072 KKNM 2
2 402631023 Statistika Penelitian 3
3 402741043 Pembelajaran Mikro 3
4 402641033 Penelitian Pendidikan Matematika 3
5 402722023 Analisis Real 3
6 402621033 Aplikasi Statistika 3
7      
8      
       
       
JUMLAH SKS 17
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 402721132 Penulisan Karya Tulis Ilmiah 2
2 402721123 Analisis Jurnal Pendidikan Matematika 3
3 402621163 Problematika Pendididikan Matematika 3
4 402722033 Metode Numerik 3
5 402721093 Kombinatorika 3
6 402622043 Persamaan Diferensial 3
7 402521042 Algoritma dan Pemrograman 3
       
       
       
JUMLAH SKS 20
NO. KODE MATA KULIAH SKS
1 402851034 Praktik Pembelajaran 4
2 402851043 Praktik Perencanaan Pembelajaran 3
3 402851053 Praktik Pengembangan Bahan Ajar 3
4 402851063 Praktik Evaluasi Pembelajaran 3
5 402851073 Praktek Pengelolaan Pendidikan 3
6 402831024 Skripsi 4
       
       
       
       
JUMLAH SKS 20