KURIKULUM
Rumpun keilmuan dan keahlian atau body of knowledge yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Matematika S1 FKIP Universitas Langlangbuana mencakup bidang pendidikan dan pembelajaran, media pembelajaran berbasis IT, dan bidang lain yang sesuai dengan pembelajaran pendidikan matematika. Bidang keilmuan yang diselenggarakan, selain menunjang untuk menjadi guru matematika dengan kemampuan pengelolaan pembelajaran berbasis IT juga menunjang untuk melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi atau mengikuti Pendidikan Profesi Guru.
Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2024 dengan menerapkan Outcomes-Based Education.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN/LEARNING OUTCOMES
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
- Menjungjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menunjukkan sikap tutwurihandayani
- Menguasai konsep tentang matematika sekolah.
- Menguasai konsep tentang matematika lanjut.
- Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, aljabar, analisis, dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
- Memiliki Pengetahuan dalam mengembangkan serta menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier, persamaan diferensial, dan metode numerik.
- Menguasai konsep teoritis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran, khususnya yang berorientasi pada life skill.
- Menguasai prinsip, teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum sekolah
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
- Menguasai konsep matematika dasar seperti menghitung, menaksir, mengolah data, dan kemampuan teknis baku lainnya, baik manual maupun berbantuan teknologi.
- Menguasai input dan output analisis, pengolahan dan penyajian data statistika
- Menguasai konsep dasar kewirausahaan terutama bidang industri pendidikan
- Menguasai tentang hukum kepolisian dan kriminalistik
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan upervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dengan mengaplikasiaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
- Mampu melakukan proses analisis, pengolahan dan penyajian data statistika dengan menggunakan penerapan literasi IT dan Matematika
- Mampu bernalar, membuat kaitan, memecahkan masalah (yakni mengamati, mengenali, merumuskan dan melakukan pendekatan pemecahan masalah, serta menginterpretasikan solusi yang diperolehnya dan berkomunikasi.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
- Mampu mengembangkan strategi, teknik, metode, pendekatan, dan model pembelajaran matematika dan pengelolaan kelas.
- Mampu mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
- Mampu menelaah kurikulum pendidikan matematika tingkat dasar dan menengah, serta dalam penilaian/evaluasi hasil belajar matematika.
- Mampu dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran matematika di sekolah menengah.
- Mampu dalam mengelola kegiatan ektrakulikuler di sekolah.
- Mampu dalam mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
- Mampu dalam manajerial di bidang pendidikan di sekolah menengah.
- Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganisis model matematika dari suatu system/masalah, mengkaji keakuratan model dan kemanfaatan model dan menarik simpulan yang kontekstual.
- Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternative model matematika yang telah tersedia.
- Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran sekolah dan pada lingkup pembelajaan pada bimbingan belajar.
- Mampu mengoperasikan software statistika dengan baik
- Able to demonstrate faith in the One Almighty God and exhibit religious attitudes.
- Able to uphold humanitarian values in carrying out duties based on religious, moral, and ethical principles.
- Able to contribute to enhancing the quality of life in society, the nation, and the state, and to the advancement of civilization based on Pancasila.
- Able to demonstrate pride and love for the homeland, showing nationalism and responsibility toward the nation and the state.
- Able to respect cultural, religious, and belief diversity, as well as others’ viewpoints and original works or findings.
- Able to collaborate effectively and show social sensitivity and concern toward society and the environment.
- Able to comply with laws and maintain discipline in societal and national life.
- Able to internalize academic values, norms, and ethics.
- Able to demonstrate responsibility for work in their field of expertise independently.
- Able to internalize the spirit of independence, perseverance, and entrepreneurship.
- Able to demonstrate the attitude of tut wuri handayani (leading by providing encouragement and support from behind).
- Able to master concepts of school mathematics.
- Able to master concepts of advanced mathematics.
- Able to master theoretical mathematical concepts, including mathematical logic, algebra, analysis, geometry, probability theory, and statistics.
- Able to master knowledge related to developing and utilizing mathematics learning tools and media, both manual and ICT-based.
- Able to master the principles of mathematical modeling, linear programming, differential equations, and numerical methods.
- Able to master theoretical concepts of pedagogy and subject-matter knowledge relevant to their professional scope.
- Able to master the concepts, principles, and applications of various learning methods, particularly those oriented toward life skills.
- Able to master the principles and techniques of instructional planning and evaluation.
- Able to master and develop school curricula.
- Able to master factual knowledge regarding the functions and benefits of technology, especially ICT, relevant to improving educational quality.
- Able to master basic mathematical concepts, including computation, estimation, data processing, and other standard technical skills, both manually and technology-assisted.
- Able to master input-output analysis, statistical data processing, and data presentation.
- Able to master basic concepts of entrepreneurship, particularly in the education industry.
- Able to master knowledge related to police law and criminalistics.
- Able to apply logical, critical, systematic, and innovative thinking in developing or applying science and technology, while upholding relevant humanistic values.
- Able to demonstrate independent, high-quality, and measurable performance.
- Able to evaluate the implications of scientific and technological development or application by considering humanistic values, and carrying out such evaluations according to scientific principles, procedures, and ethics to generate appropriate solutions, ideas, designs, or critiques.
- Able to prepare scientific descriptions of study results in the form of a thesis or final project report and upload them to the university’s academic repository.
- Able to make accurate decisions based on the analysis of information and data within their field of expertise.
- Able to develop and maintain professional networks with supervisors, colleagues, and peers within and outside the institution.
- Able to take responsibility for group work outcomes and to supervise and evaluate the completion of tasks assigned to personnel under their responsibility.
- Able to conduct self-evaluation of work groups under their responsibility and manage independent learning.
- Able to document, store, secure, and retrieve data to ensure validity and to prevent plagiarism.
- Able to manage independent learning using ICT tools.
- Able to perform statistical data analysis, processing, and presentation using mathematical and IT literacy.
- Able to reason, make connections, and solve problems—including observing, identifying, formulating, applying problem-solving approaches, interpreting solutions obtained, and communicating the results effectively.
- Able to make strategic decisions based on the analysis of information and data in managing classrooms, schools, and educational institutions under their responsibility.
- Able to develop strategies, techniques, methods, approaches, and models for mathematics learning and classroom management.
- Able to develop and utilize mathematics learning tools and media, both manual and ICT-based.
- Able to review mathematics education curricula at elementary and secondary levels, and to conduct learning assessment/evaluation in mathematics.
- Able to plan and implement mathematics learning processes in secondary schools.
- Able to manage extracurricular activities in schools.
- Able to develop themselves independently and continuously.
- Able to perform managerial tasks in the field of education at the secondary-school level.
- Able to reconstruct, modify, and analyze mathematical models of systems/problems, examine model accuracy and usefulness, and draw contextual conclusions.
- Able to analyze various alternative mathematical models that are already available.
- Able to review and develop mathematics learning methods in an innovative and evidence-based manner.
- Able to provide academic guidance and support to students, both in school learning environments and in tutoring settings.
- Able to operate statistical software effectively.
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026110102 |
Agama |
2 |
| 2 |
4026110202 |
Pancasila |
2 |
| 3 |
4026110302 |
Kewarganegaraan |
2 |
| 4 |
4026210402 |
Hukum Kepolisian dan Kriminalistik |
2 |
| 5 |
4026310502 |
Landasan Pendidikan |
2 |
| 6 |
4026310602 |
Teori Bilangan |
2 |
| 7 |
4026310702 |
Trigonometri |
2 |
| 8 |
4026310803 |
Matematika Dasar |
3 |
| 9 |
4026310902 |
Geometri Dasar |
2 |
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
19 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026120102 |
Bahasa Indonesia |
2 |
| 2 |
4026320302 |
Bahasa Inggris |
2 |
| 3 |
4026320202 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
| 4 |
4026320403 |
Aljabar Matriks |
3 |
| 5 |
4026320503 |
Kapita Selekta Matematika SMP |
3 |
| 6 |
4026320603 |
Komputer Dasar I |
3 |
| 7 |
4026320703 |
Statistika Dasar |
3 |
| 8 |
4026320803 |
Geometri Analitik Bidang & Ruang |
3 |
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
21 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026330102 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
| 2 |
4026330203 |
Kalkulus Diferensial |
3 |
| 3 |
4026330303 |
Aljabar Linier |
3 |
| 4 |
4026330403 |
Geometri Transformasi |
3 |
| 5 |
4026330503 |
Kapita Selekta Matematika SMA |
3 |
| 6 |
4026330602 |
Matematika Ekonomi |
2 |
| 7 |
4026330703 |
Komputer Dasar II |
3 |
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
19 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026240102 |
Kewirausahaan |
2 |
| 2 |
4026340202 |
Profesi Guru |
2 |
| 3 |
4026340303 |
Kalkulus Integral |
3 |
| 4 |
4026340403 |
Program Linier |
3 |
| 5 |
4026340503 |
Matematika Diskrit |
3 |
| 6 |
4026340603 |
Strategi Pembelajaran Matematika |
3 |
| 7 |
4026340703 |
Telaah Kurikulum dan PBA |
3 |
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
19 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026350203 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3 |
| 2 |
4026350303 |
Kalkulus Multivariabel |
3 |
| 3 |
4026350403 |
Struktur Aljabar |
3 |
| 4 |
4026350503 |
Statistika Matematika |
3 |
| 5 |
4026350603 |
Analisis Vektor |
3 |
| 6 |
4026350703 |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
3 |
| 7 |
4026350103 |
Statistika Penelitian |
3 |
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
21 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026260102 |
KKNM |
2 |
| 2 |
4026360203 |
Penelitian Pendidikan |
3 |
| 3 |
4026360303 |
Kombinatorika |
3 |
| 4 |
4026360403 |
Persamaan Diferensial |
3 |
| 5 |
4026360503 |
Analisis Real |
3 |
| 6 |
4026360603 |
Aplikasi Statistika |
3 |
| 7 |
4026360703 |
Media Pembelajaran Matematika berbasis (ICT) |
3 |
| 8 |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
20 |
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026370103 |
Pembelajaran Mikro |
3 |
| 2 |
4026370202 |
Proposal Penelitian |
2 |
| 3 |
4026370303 |
Analisis Jurnal Pendidikan Matematika |
3 |
| 4 |
4026370403 |
Problematika Pendidikan Matematika |
3 |
| 5 |
4026370503 |
Geometri Lanjut |
3 |
| 6 |
4026370603 |
Metode Numerik |
3 |
| 7 |
4026370703 |
Variabel Kompleks |
3 |
| 8 |
4026370803 |
Ekonometri |
3 |
| 9 |
4026370903 |
Analisis Multivariat |
3 |
| 10 |
4026371003 |
Pemrograman Web |
3 |
| 11 |
4026371103 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
| 12 |
4026371203 |
Organisasi Komputer |
3 |
| |
|
|
|
| Jumlah SKS |
20 |
Dipilih 20 SKS dari 30 SKS yang tersedia
| NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
| 1 |
4026380104 |
Pengenalan Lapangan Persekolahan |
4 |
| 2 |
4026380204 |
Skripsi |
4 |
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| |
|
|
|
| JUMLAH SKS |
8 |