KURIKULUM
Rumpun keilmuan dan keahlian atau body of knowledge yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Matematika S1 FKIP Universitas Langlangbuana mencakup bidang pendidikan dan pembelajaran, media pembelajaran berbasis IT, dan bidang lain yang sesuai dengan pembelajaran pendidikan matematika. Bidang keilmuan yang diselenggarakan, selain menunjang untuk menjadi guru matematika dengan kemampuan pengelolaan pembelajaran berbasis IT juga menunjang untuk melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi atau mengikuti Pendidikan Profesi Guru.
Berikut ini Capaian Pembelajaran Lulusan dan Sebaran Mata Kuliah pada Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika Tahun 2020 dengan menerapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
- Menjungjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menunjukkan sikap tutwurihandayani.
- Memiliki kemampuan merefleksi dan mengevaluasi diri.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
- Menguasai konsep tentang matematika sekolah.
- Menguasai konsep tentang matematika lanjut.
- Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, aljabar, analisis, dan geometri, serta teori peluang dan statistika.
- Memiliki Pengetahuan dalammengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linier, persamaan diferensial, dan metode numeric.
- Menguasai konsep teoritis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang stusi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran,khususnya yang berorientasi pada life skill.
- Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran.
- Menguasai dan mengembangkan kurikulum sekolah
- Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
- Menguasai konsep matematika dasar seperti menghitung, menaksir, mengolah data, dan kemampuan teknis baku lainnya, baik manual maupun berbantuan teknologi (sepertiupervis dan piranti lunak).
- Menguasai input dan output analisis, pengolahan dan penyajian data statistika
- Menguasai konsep dasar kewirausahaan terutama bidang industri pendidikan
- Menguasai tentang hukum kepolisian dan kriminalistik
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukanupervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dengan mengaplikasiaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Mampu melakukan proses analisis, pengolahan dan penyajian data statistika dengan menggunakan penerapan literasi IT dan dan Matematika
- Mampu merencanakan, menyusun dan mengenal prospek wirausaha dalam bidang industri pendidikan.
- Mampu bernalar, membuat kaitan, memecahkan masalah (yakni mengamati, mengenali, merumuskan dan melakukan pendekatan pemecahan masalah, serta menginterpretasikan solusi yang diperolehnya) dan berkomunikasi.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggungjawabnya.
- Mampu mengembangkan strategi, teknik, metode, pendekatan, dan model pembelajaran matematika dan pengelolaan kelas.
- Mampu mengembangkan dan menggunakan alat dan media pembelajaran matematika baik manual maupun berbasis IT.
- Mampu menelaah kurikulum pendidikan matematika tingkat dasar dan menengah, serta dalam penilaian/evaluasi hasil belajar matematika.
- Mampu dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran matematika di sekolah menengah.
- Mampu dalam mengelola kegiatan ektrakulikuler di sekolah.
- Mampu dalam mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
- Mampu dalam manajerial di bidang pendidikan di sekolah menengah.
- Mampu merekonstruksi, memodifikasi, menganisis model matematika dari suatu system/masalah, mengkaji keakuratan model dan kemanfaatan model dan menarik simpulan yang kontekstual.
- Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternative model matematika yang telah tersedia.
- Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran sekolah dan pada lingkup pembelajaan pada bimbingan belajar.
- Mampu mengoperasikan software statistika dengan baik
- Mampu Melakukan perencanaan dan penyusunan strategi dalam berwirausaha pada industri pendidikan.
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400111012 |
Agama |
2 |
2 |
15400111052 |
Pancasila |
2 |
3 |
15400111062 |
Kewarganegaraan |
2 |
4 |
15400312032 |
Hukum Kepolisian dan Kriminalistik |
2 |
5 |
402131103 |
Landasan Pendidikan dan Pembelajaran |
3 |
6 |
402121052 |
Teori Bilangan |
2 |
7 |
402121062 |
Trigonometri |
2 |
8 |
402121072 |
Matematika Dasar |
2 |
9 |
402121082 |
Geometri Dasar |
2 |
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
19 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400111032 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
15400112042 |
Bahasa Inggris |
2 |
3 |
402231073 |
Perkembangan Peserta Didik |
3 |
4 |
402221033 |
Aljabar Matriks |
3 |
5 |
402221063 |
Kapita Selekta Matematika SMP |
3 |
6 |
402221083 |
Komputer Dasar |
3 |
7 |
402221043 |
Statistika Dasar |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
19 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
402321023 |
Kalkulus Diferensial |
3 |
2 |
402321033 |
Aljabar Linier |
3 |
3 |
402321042 |
Geometri Transformasi |
3 |
4 |
402321053 |
Kapita Selekta Matematika SMA |
3 |
5 |
402321072 |
Matematika Ekonomi |
2 |
6 |
402321083 |
Geometri Analitik Bidang & Ruang |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
17 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
402251022 |
Kewirausahaan |
2 |
2 |
402441083 |
Profesi Guru |
3 |
3 |
402421023 |
Kalkulus Integral |
3 |
4 |
402422033 |
Program Linier |
3 |
5 |
402421043 |
Matematika Diskrit |
3 |
6 |
402441063 |
Strategi Pembelajaran Matematika |
3 |
7 |
402441073 |
Telaah Kurikulum dan PBA |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
20 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
402641013 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3 |
2 |
402522013 |
Kalkulus Multivariabel |
3 |
3 |
402521033 |
Struktur Aljabar |
3 |
4 |
402522053 |
Statistika Matematika |
3 |
5 |
402522063 |
Analisis Vektor |
3 |
6 |
402541073 |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
18 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
15400612072 |
KKNM |
2 |
2 |
402631023 |
Statistika Penelitian |
3 |
3 |
402741043 |
Pembelajaran Mikro |
3 |
4 |
402641033 |
Penelitian Pendidikan Matematika |
3 |
5 |
402722023 |
Analisis Real |
3 |
6 |
402621033 |
Aplikasi Statistika |
3 |
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
17 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
402721132 |
Penulisan Karya Tulis Ilmiah |
2 |
2 |
402721123 |
Analisis Jurnal Pendidikan Matematika |
3 |
3 |
402621163 |
Problematika Pendididikan Matematika |
3 |
4 |
402722033 |
Metode Numerik |
3 |
5 |
402721093 |
Kombinatorika |
3 |
6 |
402622043 |
Persamaan Diferensial |
3 |
7 |
402521042 |
Algoritma dan Pemrograman |
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
20 |
NO. |
KODE |
MATA KULIAH |
SKS |
1 |
402851034 |
Praktik Pembelajaran |
4 |
2 |
402851043 |
Praktik Perencanaan Pembelajaran |
3 |
3 |
402851053 |
Praktik Pengembangan Bahan Ajar |
3 |
4 |
402851063 |
Praktik Evaluasi Pembelajaran |
3 |
5 |
402851073 |
Praktek Pengelolaan Pendidikan |
3 |
6 |
402831024 |
Skripsi |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKS |
20 |